Selasa, 02 Februari 2010

Pabrik sayuran jepang


Inlah kreativitas Negeri sakura, dengan lahan yang sempit bisa bercocok tanah dengan sistem pabrik sayuran. Jadi tidak menggunakan tanah secara langsung di bumi . Di dalam pabrik sayuran ini, para petani jepang diharuskan memakai baju pelindung, sarung tangan, penutup hidung agar dapat memasuki pabrik dengan kondisi alam buatan. Kelembaban, tempratur, pencahayaan serta faktor-faktor yang lainnya sepenuhnya diatur, dan tanaman sayuran tumbuh dengan nutrisi yang lebih baik daripada tanah.
Menteri pertanian Jepang mengharapkan akan ada 150 pabrik sayuran dalam 3 tahun yang akan datang.
Adapun keunggulan yang dimiliki oleh pabrik sayuran yaitu :

  1. Hasil dapat dipanen lebih cepat dan lebih banyak, misalkan sayuran sawi organik dapat dipanen 20 kali dalam setahun, lebih banyak daripada dipanen 2 atau 3 kali setahun dengan cara bercocok tanam biasa.

  2. Ketika akan dijual dan dimasukkan kedalam kemasan, tidak perlu di cuci.

  3. Lebih tahan lama di lemari pendingin, karena hanya memiliki sedikit kuman dari tempat mereka tumbuh.
Luar Biasa teknologi pertanian yang diterapkan oleh pemerintah jepang. Semoga ini juga dapat ditiru dan dilaksanakan oleh bangsa kita terutama mahasiswa pertanian sehingga dapat memberikan penyuluhan kepada petani. Makanan sehat untuk bangsa kita.  http://masedys.blog.uns.ac.id/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

masih bingung bikin nutrisi yang tepat untuk tanaman....... kepada pemerintah tolong diberikan beasiswa kepada mahasiswa pertanian untuk belajar dijepang hususnya tentang pertanian.

Posting Komentar